Serba – serbi MPASI Part 2: Alasan memilih MPASI Beku / Frozen Food

index

Heyhooo… Melanjutkan postingan sebelumnya, kali ini saya mau coba sharing tentang alasan kenapa saya memilih untuk memberikan Sekar MPASI Beku / Frozen Food, di antaranya:

  1. Malas masak fresh tiap pagi. Hahaha, cetek yaaa alasannya :p. Tapi beneran deh, kalau mau masak fresh tiap pagi, buat saya banyaaak banget yang dikorbanin. Bangun lebih pagi, hilangnya bobo abis subuh, mesti belanja lebih sering. Haduuuhhh saya mah nyerah! Salut lah buat semua ibu-ibu perkasa yang bisa. Dengan metode FF, saya cukup belanja/masak di weekend untuk kebuthan MPASI 1-2 minggu kedepan. Oleh karena itu saya mah pilih FF aja lah demi kewarasan hidup, hahahaha
  2. Keragaman menu. Dalam satu kali kesempatan menyetok Frozen Food, saya bisa membuat 3-4 jenis sayuran sekaligus. Kalau protein biasanya 2-3 macam. Dengan banyaknya stok jenis makanan, maka banyak pula variasi yang bisa saya berikan. Dalam satu hari untuk 3 kali makan, bisa menyajikan 3 jenis sayuran yang berbeda. Besoknya bahkan bisa ganti menu yang lain lagi. Kebayang dong kalo mesti masak 3 jenis sayuran fresh yang berbeda di pagi hari? Mau bangun jam berapaaa? (tetep, ujung-ujungnya ke waktu tidur, hahahaha)
  3. Menghindari ada makanan terbuang. Namanya juga bayi, yang dimakan tidak banyak. Kalau bikin fresh di pagi hari, terkadang suka kebanyakan kan ya. Sayang kalau sampai harus dibuang, tp dimakan bundanya juga males encer-encer gitu, hahaha. Nah, kalo frozen food kan distok dalam bentuk kubus-kubus es, yang mana ketika dihangatkan bisa ditakar seberapa banyak. Alhamdulillah meminimalisir dan menghindari ada makanan yang terbuang.
  4. Menghindari MPASI Instan. Pertimbangan utama tentu saja gizinya. Hasil baca sana-sini, walaupun MPASI Beku gizinya juga sudah berkurang dibandingkan yang fresh, tapi masih jauh lebih baik daripada yang instan. Tapi perlu digarisbawahi bahwa saya tidak menentang penggunaan MPASI instan ya, saya pun pernah beberapa kali memberikan MPASI Instan, khususnya ketika lagi GTM parah dan Sekar tidak mau makan makanan yang sudah disiapkan, tapi memang frekuensinya sedikit, masih bisa dihitung dengan jari tangan.
  5. Mempermudah Mamah saya yang membantu menjaga. Ketika saya kerja, Sekar di rumah dengan Mbak ART dan diawasi oleh Mamah. Tapi seringnya sih Sekar dipegang si Mamah untuk bagian penting kayak minum ASIP, mandi, dan juga makan, sedangkan mbak ART lebih ke bantu-bantu menyiapkan perintilan kegiatan tersebut. Nah, karena segitu aja rasanya sudah cukup merepotkan beliau, saya memutuskan untuk full pegang MPASI nya Sekar. Beliau tidak perlu repot juga mikirin menu bahkan masak, cukup bantu menyuapkan saja. Alhamdulillah beliau juga ga intervensi banyak, dan mendukung penyajian dalam bentuk MPASI beku seperti yang saya inginkan. MPASI beku yang saya siapkan tinggal dihangatkan oleh Mbak ART, dan beliau terima jadi untuk menyuapkan ke Sekar tanpa repot mempersiapkan apa-apa.

 

Itu sih pertimbangan utamanya kenapa pilih Frozen Food. Untuk SOP penyajiannya, di postingan terpisah ya…

 

See you 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s