Milestone Sekar : 3 Tahun

Alhamdulillah yaa, akhirnya saya punya keinginan buat nulis postingan lagi, hahahaha. Berhubung abis ulang tahun, dipaksain nulis milestone deh, biar kalo lupa-lupa dikit ada catatannya. Tapi ini puuuunnn sebenernya udah lewat sebulan lebih dari ultah ke-3 nya, hahahaha. Udah nulis lama, ngendap di draft, akhirnya posting juga.

Fisik

Masuk usia 3 tahun, tingginya sekarang udah 94cm, beratnya 13 kilo (insyaAllah bener ya, hahahaha). Rambut masih malu-malu tumbuhnya, tapi alhamdulillah sebagian udah bisa dikuncir. #tebarconfetti

Motorik Kasar

Beberapa bulan menjelang ulang tahun ke-3 alhamdulillah udah bisa lancar mengayuh sepeda roda tiga, dan melompat dengan dua kaki. Kalau diobservasi kecenderungannya lebih seneng melempar daripada menendang bola.

Motorik Halus

Udah bisa buka pasang kancing baju. Yeeeeaaaayy! Lagi seneng banget nih mainin kancing. Memang belom semua kancing bisa, belom khatam lah. Tapi ada satu polo shirt buat latihannya Sekar yang udah lancar banget dibuka-pasang kancingnya. Kalau diajak gambar-gambar mau, udah bisa gambar ikan, pohon, sama rumah dengan sedikit bantuan. Udah bisa nulis beberapa huruf hijaiyah juga kayak alif, ba, ta, tsa, nun. Tapiiii kalau disuruh menyambung titik menjadi huruf hijaiyah, atau jadi garis, masih suka nolak. “Aku nggak bisa, Nda”, katanya. Masuk usia 37 bulan, saya tertarik ngajarin Sekar main piano, berbekal metode pengajaran sederhana nemu di youtube. So far dia suka bilang “Aku nggak bisaaaa” kalau diajarin. Tapi ntar tiba2 udah mainin sendiri not yg diajarin dengan benar.

Komunikasi

Alhamdulillah dikasih anak super bawel sama Allah SWT. Kayaknya cuman diem kalo lagi nonton dan tidur. Selebihnya ngomong terus, entah ngomong sendirian atau ngajak ngomong orang lain. dan yang perlu diwaspadai adalah kemampuan Sekar ngejawab hasil niruin apa yang diomongin orang lain. Beo banget lah pokoknya! Beberapa kalimat yang biasa diomongin saya, suami, ninin, itu tuh diresapi banget dan ditiruin! “Nggak jatoh, nggak tumpah, bisa kok”, atau “Nggak sakit, entar dirasain ajah”, ada juga yang di-beo-in “Iya,deeeeeh.”, “Masaaaa?”. Mesti hati-hati lah pokoknya kalau ngomong, hahahaha.

Kalau dari pelafalan huruf saat berbicara, yang masih belum bisa itu huruf R, selebihnya alhamdulillah sudah jelas. Dan sering banget kalo diajarin untuk ngulang-ngulang huruf “R”, bisa ngejawab bilang “Aku nggak bisa, Nda. Aku bisanya begini”. Tepok jidaaaaat, nih anak udah bisa ngejawab, hahahaha.

Sosialisasi

Efektif per bulan Juli kemarin, Sekar masuk TPA secara legal, setelah sebelumnya cuman jadi anak bawang yang ikut-ikutan semaunya, hahahaha. So far anaknya semangat banget ke TPA, dari segi kemampuan belajar juga udah khatam baca huruf hijaiyah yang individu. Tapiii, disuruh lanjut baca huruf sambung dia belum mau. Karena masuk TPA, jadi alhamdulillah punya banyak temen. Di TPA sendiri, dia yang paling kecil. Selama ini sama kakak-kakak nya nggak ada masalah, kemampuan sosialisasi, main bersama, baik-baik aja. Tapi baru-baru ini belum lama ada anak seumuran Sekar yang baru masuk, hanya beda beberapa bulan lebih tua dari Sekar, daaaaannn berantem rebutan sampe nangis. Mungkin kemampuan bersosialisasi dengan yang seumuran memang belum sebaik yang dengan kakak-kakak yang lebih tua.

Hobi

Hobi utamanya adalah nyanyi, nasyid dan main gendang. Sekar hobi bangettt nyanyi. Bisa nyanyi-nyanyi aja gitu sendiri nggak disuruh. Sambil main nyanyi sendiri. Koleksi hafalan lagunya alhamdulillah banyak. Dan di antara lagu yang dinyanyikan, 50% nya adalah lagu nasyid. Sekar awalnya suka diajak nemenin nininnnya latihan nasyid, sampai akhirnya sekarang lebih sering dia yang minta. Di musholla fokus dengerin ninin latihan, tapi kalau disuruh ikutan sama ibu-ibu, pasti nggak mau. Baru deh di rumah, semua lagu yang diperhatikan, dinyanyiin. Nyanyi lagu nasyidnya pun sering pura-pura pakai gendang dari apapun benda yang ada di rumah. Sampai akhirnya nininnya beliin gendang sebagai kado ulang tahun, seneng banget dia. Belakangan lagi suka main badminton pake raket alakadarnya, ini kayaknya karena Bundanya keseringan nonton badminton, hahahaha.

Intelegensi

Alhamdulillah secara kecerdasan, termasuk yang diberikan rejeki kecerdasan oleh Allah SWT. Dari segi kemampuan membaca huruf hijaiyah, kemampuan mengenal huruf besar dan kecil, dan sampai kemampuan mengingat kejadian-kejadian yang telah berlalu.

Religi

Halah, judulnya religi amat yak, hahaha. Maksudnya yang terkait sama keagamaan. Alhamdulillah hafalan suratnya semakin bertambah. Lagi hobi baca surat Al Quraisy dan AL Kafirun. Yang tidak disangka, ternyata hafal 5 ayat pertama surat Yasin, karena sering ikut ninin ke pengajian malam jumat. Subhanallah banget lah, diberikan rejeki oleh Allah SWT sering terpapar ayat-ayat Quran dan puji-pujian kepada Allah SWT.

Segitu aja deh, udah panjang juga. Doakan saya punya keinginan lebih kuat untuk ngeposting yaaa.. Hahahaha

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s