Serba – serbi MPASI Part 2: Alasan memilih MPASI Beku / Frozen Food

index

Heyhooo… Melanjutkan postingan sebelumnya, kali ini saya mau coba sharing tentang alasan kenapa saya memilih untuk memberikan Sekar MPASI Beku / Frozen Food, di antaranya:

  1. Malas masak fresh tiap pagi. Hahaha, cetek yaaa alasannya :p. Tapi beneran deh, kalau mau masak fresh tiap pagi, buat saya banyaaak banget yang dikorbanin. Bangun lebih pagi, hilangnya bobo abis subuh, mesti belanja lebih sering. Haduuuhhh saya mah nyerah! Salut lah buat semua ibu-ibu perkasa yang bisa. Dengan metode FF, saya cukup belanja/masak di weekend untuk kebuthan MPASI 1-2 minggu kedepan. Oleh karena itu saya mah pilih FF aja lah demi kewarasan hidup, hahahaha
  2. Keragaman menu. Dalam satu kali kesempatan menyetok Frozen Food, saya bisa membuat 3-4 jenis sayuran sekaligus. Kalau protein biasanya 2-3 macam. Dengan banyaknya stok jenis makanan, maka banyak pula variasi yang bisa saya berikan. Dalam satu hari untuk 3 kali makan, bisa menyajikan 3 jenis sayuran yang berbeda. Besoknya bahkan bisa ganti menu yang lain lagi. Kebayang dong kalo mesti masak 3 jenis sayuran fresh yang berbeda di pagi hari? Mau bangun jam berapaaa? (tetep, ujung-ujungnya ke waktu tidur, hahahaha)
  3. Menghindari ada makanan terbuang. Namanya juga bayi, yang dimakan tidak banyak. Kalau bikin fresh di pagi hari, terkadang suka kebanyakan kan ya. Sayang kalau sampai harus dibuang, tp dimakan bundanya juga males encer-encer gitu, hahaha. Nah, kalo frozen food kan distok dalam bentuk kubus-kubus es, yang mana ketika dihangatkan bisa ditakar seberapa banyak. Alhamdulillah meminimalisir dan menghindari ada makanan yang terbuang.
  4. Menghindari MPASI Instan. Pertimbangan utama tentu saja gizinya. Hasil baca sana-sini, walaupun MPASI Beku gizinya juga sudah berkurang dibandingkan yang fresh, tapi masih jauh lebih baik daripada yang instan. Tapi perlu digarisbawahi bahwa saya tidak menentang penggunaan MPASI instan ya, saya pun pernah beberapa kali memberikan MPASI Instan, khususnya ketika lagi GTM parah dan Sekar tidak mau makan makanan yang sudah disiapkan, tapi memang frekuensinya sedikit, masih bisa dihitung dengan jari tangan.
  5. Mempermudah Mamah saya yang membantu menjaga. Ketika saya kerja, Sekar di rumah dengan Mbak ART dan diawasi oleh Mamah. Tapi seringnya sih Sekar dipegang si Mamah untuk bagian penting kayak minum ASIP, mandi, dan juga makan, sedangkan mbak ART lebih ke bantu-bantu menyiapkan perintilan kegiatan tersebut. Nah, karena segitu aja rasanya sudah cukup merepotkan beliau, saya memutuskan untuk full pegang MPASI nya Sekar. Beliau tidak perlu repot juga mikirin menu bahkan masak, cukup bantu menyuapkan saja. Alhamdulillah beliau juga ga intervensi banyak, dan mendukung penyajian dalam bentuk MPASI beku seperti yang saya inginkan. MPASI beku yang saya siapkan tinggal dihangatkan oleh Mbak ART, dan beliau terima jadi untuk menyuapkan ke Sekar tanpa repot mempersiapkan apa-apa.

 

Itu sih pertimbangan utamanya kenapa pilih Frozen Food. Untuk SOP penyajiannya, di postingan terpisah ya…

 

See you 😉

5 Hal yang bikin jatuh cinta sama Descendants of The Sun

Seperti kebanyakan perempuan di luar sanah yang lagi booming banget dengan drama Korea (drakor) Descendants of The Sun (DoTS) ini, saya tentunya ga mau ketinggalan nonton. Alasan yang cetek sekali memang. Hahahaha. Alasan cetek yang ampuh kemudian men-cemplung-kan kembali diriku ke malam-malam kurang tidur karena begadang marathon nonton, hahaha.

Sejujurnya, saya termasuk tipe yang bisa begadang semalaman sampai pagi nontonin tv series, baik barat maupun korea. Untuk drama Korea sendiri saya sukanya yang genre romantis-komedi gitu, dan yang favorit di antaranya ada Full House, Playfull Kiss dan Secret Garden.

Nah tapinya, setelah menikah kan enakan bobo ama suami yaaaa daripada melek bikin mata panda, hahahaha. Jadi bubar deh segala tv series yang diikutin, baik barat maupun Korea. Apalagi abis nikah trus saya langsung hamil dan punya anak, agak sulit yaaaa mau begadang  nonton. Ada juga begadang gara2 nyusuin anak :p

Hingga kemudian di akhir tahun 2015, anak udah setaunan kan ya udah agak teratur lah hidup sebagai ibu baru, kena virus drakor Marriage Not Dating dari temen kantor yang berujung pada malam-malam begadang datang kembali. Mata boleh panda, tapi saya bahagia. Hahahaha. Entah kenapa ya, klo nemu drakor yang cocok tuh nyenengin banget deh rasanya. Bisa bikin senyum-senyum sendiri beda tipis sama menuju gila.

Lalu abis itu kena virus drakor Hotel King. Yang ternyata panjang bener yeeeee episodenya banyak amat ga abis-abis. Cape nontoninnya, hahahaha. Mana isinya “berantem” mulu. Buat saya yang doyannya romcomm, males deh nontonnya. Karena kepalang tanggung aja jadi maksain nyelesein. Nah kayaknya abis itu jadi kayak kapok nonton drakor lagi. Udah direferensiin beberapa judul drakor, tetep g ada niatan buat begadang malem-malem lagi. Kapok sama Hotel King. Hahahaha

Hingga akhirnyaaaaaaah, saya diracunin DoTS oleh sodara kembar sayah. Udah lama denger sih kalo lagi booming banget, tapi ya cuman tau gitu aja. Tapi abis diceritain kembaran sayah yang notabene genre nya sama, jadi tertarik deh buat nyoba. Berbekal link streaming-an dan wifi gratis kenceng di rumah mertua, sabtu malam kemarin akhirnya nonton juga. Dan hasilnyaaaaa hari pertama nonton langsung maraton 10 episode sampe jam setengah 5 pagi, hahahaha. Dan dilanjut akhirnya kelar tadi malam. Dalam sekejap hidup terasa menyenangkan. Again, mata panda gapapa, yang penting hati bahagia. Hahahaha. Apa sih yang bikin sayah jatuh cinta banget sama DoTS sampe bikin hati inih bahagia? Saya jelasin yah, tapi ati2 spoiler 😉

  1. Jalan ceritanya.

Kenapa? Karena dari awal udah romantis, hahahaha. Jadi pas nonton dari awal udah mesem-mesem sendiri setiap liat adegan Kang Mo Yeon sama Yo Shi Jin. Drakor ini menurut saya emang premisnya agak berbeda dengan beberapa drakor yang pernah saya tonton sebelumnya. Biasanya premis standarnya kan salah satu doang yang suka, trus ya inti serialnya berusaha mendapatkan cinta sang pasangan. Tapi di DoTS ini dari awal mereka udah sama-sama suka, yang jadi aral rintangannya adalah hal yang lain (tonton sendiri ya :p).

Selain jalan cerita pasangan utama yang nyenengin banget, jalan cerita pasangan pendampingnya pun ga kalah seru dan diceritakan dengan bagus. Bahkan, rasa-rasanya kisah cinta Lt. Yoon Myeong Joo dan Sergeant So Dae Yong, bisa kayaknya dijadiin satu serial drakor tersendiri, hahahaha.

Dan yang terakhir, saya suka karena jalan ceritanya ga lambat dan menye-menye, setiap adegannya berkesan, dan saling terkait bahkan dari awal sampai akhir. Penjabaran beberapa adegan dengan penceritaan flashback pun menurut saya penempatannya oke banget. Salut banget lah sama penulis skenarionya yang konon kabarnya dibayar 300 juta per episode!

  1. Paket Lengkap

Semua genre kayaknya difasilitasi sama DoTS. Selain romantis komedi tentunya, ada action dan tegangnya juga dapet, dan yang ga kalah menyita perhatian adalah humornya yang lucu banget! Penempatan humor-humornya bagus bangetlah. Again, aku padamu lah sang penulis skenario, hahahaha

  1. Karakter Tokoh

Karakter kedua tokoh utama yaitu tentara dan dokter cukup beda dibandingkan beberapa drakor lainnya yang pernah saya tonton, yang umumnya berlatarbelakang keluarga kaya raya pemilik perusahaan. Saya cukup kebawa perasaan loooh nontoninnya, jadi ngebayangin kalau punya pasangan yang berprofesi demikian, ga sanggup rasanya. Wong ditinggal perjalanan dinas dua hari aja udah mellow baper. Gimana ditinggal perang berbulan-bulan? Hahahaha. Dan untuk karakter dokter di sini pun, digambarkan dokter di medan perang, yang lumayan ngebuka mata juga gimana beratnya pekerjaan mereka di lapangan ketika menghadapi bencana.

  1. Pemilihan casting yang sesuai

Kalo Song Hye Kyo mah ga usah diragukan lah ya, salah satunya yang bikin saya tertarik nonton film ini ya si Han Ji Eun (karakternya Song Hye Kyo di Full House) ini dongs. Untuk Song Jong Ki sendiri, saya jujur baru kenal di sini. Dan awalnya agak ngeras kurang pas gimana gitu ya, secara mukanya imut banget buat jadi Kapten Pasukan Khusus Tentara. Tapi lama kelamaan, rasanya klo bukan Song Jong Ki mungkin DoTS ga akan sesukses ini. Untuk pasangan pemeran pendampingnya, Kim Ji Won dan Jin Goo, juga menurut saya pas bangetttt. Kim Ji Won cantik banget yaaaaa. Jin Goo juga dapet banget lah aktingnya. Suka, sukaaaa sama mereka berempat.

  1. Lokasi syuting

Lokasi syutingnya indah bangeeeettt. Keliatan banget bahwa serial ini berbudget besar dan dibuat secara serius. Udah kayak nonton film bioskop deh klo liat latar syutingnya. Pantainya indah bangetttt, menambah tingkat keromantisan film berkalilipat. Gak heran deh kalau abis ini, bakal banyak yang ke Yunani demi napak tilas film DoTS.

Dari sekian banyak hal yang bikin kepincut, ada satu yang mau saya komplen, yaitu: adegan romantisnya kurang. Hahahahaha. Serial ini diceritakan dengan romantis banget sih, tapi adegan cinta-cinta an-nya kurang ah buat saya. Ya masak mo ditinggal 3 bulan ke medan perang, diciyum aja nggak? Hahahaha. Tapi komplenan saya minor sih, overall tetep suka bangettt sama DoTS inih!

Next saya mau nonton drakor  Oh My Venus yang katanya kocak romantis dan endingnya gokil. Siap-siap mata panda lagi nih beberapa hari ke depan 😉

Berobat Gigi Gratis di Puskesmas (Plus cerita panjang perjalanan berobat gigi)

Saya termasuk ke dalam golongan orang-orang yang giginya bermasalah. Dari dulu. Memori ke dokter gigi terdahulu yang masih saya ingat adalah sekitar usia kelas 2-3 SD, ke klinik dokter gigi bapak-bapak Chinese, yang prakteknya di depan kolam renang Bintaro Sektor 1. Selalu senang datang ke sana, entah kenapa. Sering bersinggungan dengan dunia tambal-menambal gigi sejak awal alhamdulilllah ga bikin trauma. Rasanya saking sering ke dokter gigi, segala jenis treatment udah pernah dicobain mulai tambal sementara, tambal tetap, bor, scalling, perawatan syaraf,matiin syaraf, sampai cabut gigi. Saking kebalnya diapain aja, rasanya bunyi bor dokter gigi semacam terapi menenangkan buat saya, hahahaha.

Perjalanan klinik gigi selanjutnya adalah Klinik Gigi Ritz Sektor 9, UPT Kedokteran Kampus UNPAD, Klinik Masjid Raya Bintaro Jaya, dan terakhir pagi ini mencoba UPT Puskesmas Pondok Pucung. Empat klinik yang disebutkan terakhir saya pilih karena: murah. Hahahaha. Klinik pertama dan kedua saya masih usia sekolah, dan perawatan kesehatan semua full ditanggung perusahaan papah, jd g usah pusing mo ke dokter manapun. Ketika jadi anak kos, dan tetap mengaami masalah gigi, ke klinik gigi swasta mikirnya seribu kali dong, hahahaha. Akhirnya mutusin ke dokter kampus aja murah meriah.

Lulus kuliah, namapun freshgrad gaji g seberapa ya, ketika masalah gigi muncul lagi, alhamdulillah yah, di mesjid deket rumah punya fasilitas kesehatan amat sangat terjangkau yang diperuntukan bagi masyarakat umum. FYI, tambal gigi tetap hanya 40ribu loh satu gigi. Saya pernah tambal sekaligus dua, malah lebih murah, 60ribu saja. Walaupun akhirnya udah pindah ke perusahaan yg memberikan fasilitas kesehatan lebih baik pun, masih setia berobat gigi di mesjid. Soalnya rasanya gimana gitu yaaa kalo mesti ngeluarin duit ratusan ribu buat satu gigi doang. Perhitungan emang sayah. Hahahaha. Sampai dengan klinik gigi ke lima, klinik mesjid raya, total ada lima gigi saya yang sudah ditambal tetap. Hingga kemudian datanglah tragedi keripik singkong, kamis kemarin.

Karena keripiknya keras kali yaaa, tambalan gigi yang geraham bawah sebelah kiri, copot. Tambalannya sendiri tuh padahal segede 60% dari ukuran gigi. Nah, sisa giginya, patah terbelah dua. Satu belahan kuat tertancap, tapi belahan sisanya oglek-oglek mau copot. Berhubung kondisinya mengkhawatirkan, pulang kantor langsung cari klinik gigi yang terjangkau harganya. Eh apa daya udah ujan-ujanan naek gojek, sampe klinik ditolak karena udah penuh. *nangis dipojokan*. Walhasil pulang aja deh karena udah kuyup, dan berencana ke dokter gigi besok pagi. Kebetulan temen kantor ada yang baru dengan bangganya memamerkan betapa murahnya biaya dokter gigi puskesmas yang Cuma 19 ribu saja sudah termasuk pendaftaran dan tambal sementara. Akhirnya saya coba deh, nunggu pagi aja ke Puskesmas.

Sesuai intruksi mamah yang pernah berobat di puskesmas, katanya mesti ambil nomer urut dulu pagi-pagi bener. Jam 06.30 saya naik motor ambil nomor urut, dapat nomor 2, lalu balik dulu ke rumah. Setelah menyelesaikan urusan domestik, jam 7.40 berangkat lagi ke puskesmas. Sampai puskesmas belum banyak orang, nomor urut pun baru sampai nomor 5.

Pukul 8 tepat, loket pendaftaran di buka. Petugas memanggil sesuai nomor urut, rata-rata calon pasien yang saya lihat adalah pemegang kartu BPJS. Ketika nomor urut saya dipanggil, saya lapor bahwa saya pasien baru, dan bukan peserta BPJS, serta tujuannya berobat gigi. Tidak lama saya dibuatkan kartu pasien (yang berlaku untuk satu keluarga), dan di beri nomor urut antrian gigi.

Saya kemudian menunggu sampai dipanggil sekitar 30 menit. Waktu yang agak lama menurut saya, mengingat saya antrian nomor urut 1. Ketika akhirnya dipanggil masuk, kesan yang saya dapat adalah ruangannya bagus, bersih, dan ga murahan. Selevel lah sama klinik-klinik swasta lainnya, masih lebih sederhana yang di Mesjid Raya. Dokternya juga baik sekali dan SELALU menjelaskan tindakan apa yang akan dia lakukan, bahkan mau nurunin senderan bangku aja dia ijin dulu. LOL.

Setelah diperiksa dokter menyarankan belahan gigi yang oglek untuk dicabut. Namun karena giginya sudah oglek, proses pencabutannya lebih mudah dan HANYA bius dengan gel, bius yang buat anak-anak kata dokternya, hahaha. Alhamdulillah sih, saya gak belum perlu ngalamin suntik bius di gusi. Prosesnya bagian dalam mulut sampai bibir dibuat kebas dan kesemutan dengan gel nya, lalu gigi saya dicabut pakai tang. Sakit kaget dikit aja sih, menurut saya.

Setelah dicabut, dokter memberikan rujukan agar saya rontgen gigi panoramic dulu, sebelum sisa gigi nya dicabut, karena mau dilihat kondisi akar giginya dulu. Beliau pun memberikan surat rujukan ke FKG Univ Dr. Moestopo, karena menurut beliau, biayanya terjangkau sekitar 90ribu saja. Setelah itu saya diberi resep obat penghilang rasa sakit yang harus ditebus di apotek.

Keluar dari ruang dokter gigi, melangkah lah saya ke Apotek menyerahkan resep. Tidak lama resep diberikan oleh apoteker. Saya diberi satu kantong plastik putih polos berisi tiga macam obat. Itu saja. Dan karena bingung, saya refleks bertanya “Bayar berapa?”. Apotekernya menjawab dengan pertanyaan apakah saya menggunakan KTP Tangerang Selatan. Jika iya, maka biayanya gratis.

IYA. GRATIS.

Huwowww! Biaya ratusan ribu di tempat lain di sini tidak keluar sepeser pun! Padahal saya mah udah nyiapin recehan lumayan lah, berbekal informasi 19ribu dari temen saya. Tapi ternyata tidak! Semua GRATIS! Kepada siapapun yang membuat kebijakan KTP Tangsel gratis di puskesmas Tangsel, terima kasih banyak. Anda telah mengangkat beban biaya kesehatan bagi banyak orang. Hanya saja kekurangannya, mungkin belum banyak yang tau mengenai hal ini, jadi sosialisasinya harus ditingkatkan lagi.

Jadiiiii buibu pakbapak manteman yang sama pelitnya sama saya, ga mau ngeluarin ratusan ribu buat satu gigi, bisa loooh di coba ke Puskesmas. Pelayanan bagus tapi harga sangaaaat murah, bahkan gratisss untuk warga Tangsel. Semoga berguna ya infonya 😉

Review RSIA DHIA Part 2: Dr. Nadia Dwi Insani, SpA

Akhirnya part 2 nya nongol juga ya, hahahaha. Susah banget yaaaa mau rutin nulis. Apalagi ditambah kondisi sebulan kemarin yang sibuk bolak-balik ke rumah sakit karena Sekar sakit L. Tapi lumayan lah, pengalaman kemaren jadi memunculkan kembali gairah menulis, khususnya mengenai pe-rumahsakit-an (if this is even a word! Hahaha). Okeh, mari kita lanjutkan part 2 nya, kali ini tentang dokter anak kesayangan kami di RSIA DHIA.

Jadi, awalnya ketika Sekar lahir, dokter anak yang menangani adalah Dr. Marlisye Marpaung. Kesan awal dari dokter ini adalah: modis sekalih. Masih muda, cantik, style (baju) nya oke, dan pake heels. Kesan lanjutan adalah dokternya to the point, ga banyak komunikasi kalau ditanya. Sebenernya tidak ada yang salah dari kesan di atas, tapi berdasarkan alasan yang sangat pribadi (please don’t judge us) yaitu agama, maka ketika di hari-hari awal kepulangan Sekar terlihat agak kuning, kami memutuskan tidak kontrol dengan dokter Marlisye, melainkan dengan alternatif dokter di RS yang sama, yaitu Dr. Nadia Dwi Insani.

Kesan awalnya bertemu Dr. Nadia yaitu pake kerudung (again, please don’t judge us for being more comfortable with same-religion doctor), dan keibuan sekali. Beliau sangan komunikatif, jauh lebih komunikatif dari pertemuan kami dengan Dokter Marlisye. Kesan lanjutannya adalah beliau tipe dokter yang tidak terburu-buru ambil tindakan, dan saya suka. Waktu kasus jaundice nya Sekar nggak langsung maen rujuk rawat, tp saya dikasih kesempatan treatment alami dulu (asi+jemur), walaupun ujungnya dirawat karena treatment alaminya gak berhasil. Beliau jawaban-jawabannya juga tipe yang nenangin banget, nggak dikit2 bilang anaknya kurus trus mesti ditambah ini itu, malah seringnya bilang wajar kok kalau anak usia segini nafsu makannya bla..bla..bla… Asal Sekar masih masuk kurva normal, doi sih santaaayy. Terakhir, poin plus buat saya, setiap jawabannya selalu dikaitkan dengan pengalaman beliau yang saat ini sudah punya anak seumuran SD. Entah kenapa rasanya lebih tenang aja denger jawabannya kalau yg ngasih saran udah pernah ngalamin, hahaha.

So far karena kami (saya dan suami) cocok, sampai Sekar 17 bulan kemarin, masih rutin imunisasi dengan beliau. Tapiiiiiii, kekurangannya adalah jadwal praktek beliau di RSIA DHIA yang sedikit sekali, hanya dua kali seminggu, hari Senin dan Rabu malam. Ini nih yang kemudian menyebabkan ketika tiga kali Sekar sakit, berujung mampir ke RS lain. Karena entah kenapa Sekar sakit biasanya weekend, hahahaha. Karena kasian kalo mesti nunggu jadwal Dr Nadia berikutnya, akhirnya Sekar kami bawa ke rumah sakit lain. Cerita “jajan” nya Sekar ke beberapa rumah sakit lain akan ditulis dalam postingan terpisah ya, mudah-mudahan semangat nulisnya masih ada, hehehe.

Sekian deh cerita tentang dokter anak favorit kami di RSIA DHIA. Till the next post, peeps 😉

 

Review RSIA DHIA Ciputat Part 1: Dr Nina Afiani, SpOG, M.Kes

Whoaaaaaaa! Ternyata gak gampang yaaa konsisten nulis blog. Banyak banget sih yang pengen ditulis, tapiiiii niat doang. Hahahaha. Termasuk topik ini, dari dulu pengeeeeen banget nulis, karena kayaknya di internet sama sekali belom ada ulasan tentang RSIA DHIA yang pernah gw temuin. Tapi ya gitu deh, karena males, semua berujung di niat aja, nulis benernya mah males :p

Nah, kebetulan semalem baru aja abis dari rumah sakit karena jadwal imunisasinya Sekar. Jadi keinginan nulis review muncul lagi. Alhamdulillah yah, langsung direalisasikan, hehehehe. Saya udah bolak balik ke RSIA DHIA ini sejak periksa kandungan-proses lahiran-imunisasi, jadi reviewnya dibagi ke beberapa bagian ya. Di bagian pertama ini mau coba review tentang dua SpOG di RSIA DHIA, yaitu dokter kandungan saya selama di sana, Dr. Nina Afiani, SpOG, M.Kes, plus review sedikit tentang Dr. Mufti Yunus pada satu kali kesempatan kontrol dengan beliau di RSIA DHIA.

Saya suka banget lah sama dokter Nina ini. Awal tau hamil setelah testpack, langsung dong browsing obgyn, nah kriteria saya dulu nyari dokter ga muluk-muluk, cuman 3: perempuan, jadwal prakteknya malem weekday (biar bisa kontrol tanpa ganggu jadwal ngantor dan juga gak mengganggu jadwal santay di weekend), dan praktek di rumah sakit sekitar Bintaro biar ga jauh dari rumah. Saya mah ga mesti kontrol sama dokter A-B-C yang terkenal, soalnya males ngantrinya. Hahahaha.

Sayangnya, kriteria dikit aja cuman menghasilkan dua nama dokter, yaitu dokter Nina Afiani praktek di RS DHIA jumat malam, dan dokter Riyana Kadarsari praktek di Klinik Permata Bintaro, rabu malam. Awalnya nyoba ke dokter Riyana dulu, karena review positif di internet mengenai beliau cukup banyak. Namun ketika akhirnya bertemu, karena hasil tensi saya kurang bagus saat itu (padahal biasanya saya tensinya bagus), belum apa-apa beliau udah banyaaaaaaak banget ceramahnya. Yang harus diet lah, yang harus konsultasi ke dokter gizi lah, yang nanti bahaya ini-itu ke bayi lah kalo tensi tinggi, dan saya ngerasa overwhelmed banget baru pertama kontrol udah punya pe-er segitu banyaknya (yang sebenernya sih pasti ada benarnya). Pulang dari situ kapok, ga mau dateng lagi, bahkan obatnyapun ga saya tebus.

Kemudian coba dateng ke kandidat kedua, dokter Nina. Dari awal udah seneng banget ada dokter perempuan yang jadwalnya cocok di RS DHIA, karena jujur aja sejak belom nikah pun entah kenapa udah cita-cita pengen lahiran di sini, alasannya utamanya karena lokasinya yang cukup dekat, di tengah-tengah rumah mama saya di Bintaro, dan rumah mertua di Ciputat.

Kesan pertama ketika bertemu, dokternya ngomongnya halus bangettt, kayak tipe yg ga bisa marah gitu, hehehehe. Dokternya islami sekali, berkerudung, santun, dan setiap bertemu atau mulai periksa selalu mengucapkan salam kepada kami. Adem bangetlah kesannya si dokter ini.

Ketika pertama kontrol, dicoba USG luar, kantung rahim belum terlihat mungkin karena usia kehamilan masih sangat kecil. Kemudian dr Nina menyarankan USG transvaginal, namun karena satu dan lain hal, alat USG transvaginalnya tidak tersedia di RS hari itu, kemudian akhirnya dokter Nina menyuruh saya pulang dan kembali ketika alat tersedia. Poin plusnya adalaaaaah: saya ga perlu bayar! Mungkin dia merasa belom kontrol kali ya, karena belom ada gambar apa2 di layar yang bisa dikomentari. Walaupun sebenernya udah ada tindakan USG luar. Tapi beliau tetep bilang ke suster untuk ga men-charge sesi kontrolnya. Saat itu juga ngerasa beliau baik sekali, dan mutusin buat ga cari-cari dokter lagi.

Kunjungan-kunjungan berikutnya pun selalu menyenangkan, sangat komunikatif, mau menjawab dan menjelaskan panjang lebar berbagai pertanyaan aneh dari bumil satu ini, ga banyak pantangan (pantangannya cuman ga boleh makan makanan mentah dan bakar/tidak matang sempurna), dan sangat mudah dihubungi. Beliau memberikan nomer whatsapp yang bila saya ajak chat, akan selalu dibalas di hari yang sama. Satu penyesalan saya mungkin hanya karena akhirnya beliau tidak ada di detik saya melahirkan karena keburu brojol (will share this in separate post), walaupun yang mengobras vagina saya tetap beliau.

Beliau termasuk dokter masih muda menurut saya, kalau lihat bacgroundnya yang menyelesaikan spesialis di tahun 2012, artinya jam terbang sebagai dokter kandungannya belum terlalu lama. Tapi, justru buat saya ini hal yang menguntungkan, karena tidak perlu antri terlalu lama ketika kontrol, dan gak perlu sampai larut malam. Walaupun beliau bukan dokter senior, namun sangat profesional dan paham di bidangnya kok, jadi ga perlu khawatir.

Secara keseluruhan, senang sekali bisa menemukan dokter kandungan seperti beliau, insyaAllah kalau nanti jadwal rencana anak kedua sudah menjelang, rasanya akan kembali lagi bertemu dengan Beliau.

Nah, selain dengan dokter Nina, di RSIA DHIA saya sempat kontrol satu kali dengan dokter Mufti Yunus, untuk USG 4D. Seperti bumil kekinian lainnya, saya ga mau juga dong ketinggalan USG 4D. Namun ternyata aturan di RSIA DHIA sedikit unik, alat USG 4D hanya dioperasikan oleh Dr Mufti. Saya pun bela-belain kontrol di jadwal praktek beliau, yang mulainya aja baru jam 21.00 wib. Saya sampe di RS jam 20.30, dan dapet nomor 8 dongs, dokternya pun belom dateng *nangis dipojokan*. Beliau sampai RS pun agak telat, di atas jam 9. Setelah beliau datang, saya perhatikan bahwa setiap pasien di ruangan 20 menit saja, ga lebih lama dan ga kurang (ya beda 1-2 menit gpapa yaaa). Asumsi saya sih beliau menyadari antrian panjang pasiennya (yang terus berdatangan sampai nomor urut belasan), jd biar adil dan ga kasian sm yang nugguin jadi ga lama-lama.

Ketika saya masuk dan bilang mau USG 4D, kalimat reaksi beliau adalah “4D untuk apa? Apakah ada masalah dengan janinnya?” Yang kemudian gw jawab dengan “Errr….pengen liat bayinya aja Dok di 4D”. Hahahahaha. Emang sih sebenernya 4D tuh ga wajib, diperlukan kalau memang ada kondisi khusus ajah plus demi alasan kekinian, hahaha. Anyway, dokternya to the point banget. Walaupun “cuman” 20 menit sesi nya, tp penjelasannya detail sekali. Beliau tau antrian panjang, jadi maksimalin banget memberi penjelasan selama sesi konsul. So far kesan saya oke, buat yang prefer dokter laki-laki, menurut saya beliau bisa jadi salah satu opsi.

Kayaknya segitu aja review dokter obgyn di RSIA DHIA. Mudah-mudahan bisa membantu yang sedang mencari informasi. Untuk review fasilitas persalinan dan dokter anaknya, ditunggu yaaa 😀

RSIA DHIA

Alamat: Jalan Cendrawasih No 90 Sawah Lama Ciputat

Nomor Telp: 021-7494550

Review: Taman Bintaro Xchange (BXchange)

Hari minggu pagi kemarin, rencana awalnya mau coba ajak Sekar berenang di kolam renang umum. Tapiiiii, baru inget kalau saya masih haid *tepokjidat*. Akhirnya, coba cari alternatif lain buat keluar rumah pagi-pagi, saya ajak ayah buat jalan pagi di taman Mall Bintaro Xchange (BXc).

Mall ini adalah mall terbesar di Bintaro, dari segi bangunan, maupun ruang terbuka hijaunya. Dua kali ke BXc siang hari, selalu senang liat tamannya yang luas banget itu, dan niat suatu saat bakal ajak Sekar untuk lari-larian di sana. Nah, gimana akhirnya setelah sampai di sana?

Kesan pertama: rame ya?? Ternyata rame loh… Saya ga nyangka seramai itu. Walaupun rame, tapi enak. Karena rame nya bukan kayak manusia cendol di Ancol. Ramai dalam artian, banyak ternyata yang rela bangun pagi2 buat olah raga ya, hahahaha (tutup muka :p). Karena area terbuka nya luaaaaaaass banget, jd walaupun rame banyak orang, tp ga sesak.

Secara umum saya bagi areanya ke dua bagian, area pertama adalah taman yang menempel langsung dengan Mall. Di sini, terlihat ada panggung yang di atasnya berdiri instruktur senam aerobik, yang manaa pesertanya buanyak! Seneng deh liatnya, mulai dari anak SD sampe nenek-nenek semangat olah raga. Jadi pengen ikutan tapi pengen doang.

bxc2

Di area ini banyak hiasan menarik yang mempercantik area taman, seperti lollipop warna warni, dan christmast ice cream. Intinya tamannya seru, ga polos-polos ajah.

bxc6

bxc7

Kemudian di sebelah area taman yang menempel mall, ada jalan setapak yang cukup lebar yang memisahkan dengan area kedua, yaitu lapangan yang luas dengan jogging track mengelilinginya. Saya suka sekali dengan jalanan ini karena selain lebaarr, sangat terawat dengan pepohonan hias cantik di kanan-kirinya. Mudah-mudahan terus tertata apik sampai kapanpun ya, Bintaroo…

bxc3

bxc5

Foto terakhir di atas, posisi kami ada di jalanan setapak tersebut dengan pemandangan di belakangnya adalah area kedua yaitu lapangan luas. Lapangannya luaaaaaass banget, di lapangan saya liat ada yang main bola, badminton, bahkan sekedar duduk-duduk santai. Jogging track nya pun difasilitasi dengan baik dan rapih.

bxc9bxc10

Overall, seneng banget sih kesini. Setelah taman bundaran bintaro digusur untuk keperluan fly over, akhirnya ada fasilitas umum pengganti yang jauh lebih baik dan lebih layak untuk warga Bintaro berolahraga.

Apa akan kesini lagi? Pastinya dong! tapi nunggu dulu niat bangun pagi di hari libur nya dateng lagi entah kapan

:p

Review: Nursery Room KALCare AEON Mall

Tanggal merah libur Maulid Nabi kemarin, saya dan rombongan keluarga suami jalan-jalan ke AEON Mall BSD, yang lagi ngehits ituh… Tapi saya ga bisa cerita banyak nih tentang Mall nya sendiri, karena yaaa kemaren jalannya agak kurang bebas karena ramean. Ujung2nya ga lama-lama di sana, udah pada minta pulang, bahkan makan siang di sana pun nggak. Jadi karena ga banyak yang dilakuin selain belanja sendal jepitnya Sekar dan keset yang lagi diskon di dept. store AEON nya, belanja gantungan handuk di Daiso, dan cuci mata di JSYK, ga banyak juga yang bisa diceritain tentang AEON.

Tapiiiii, yang nyangkut banget di hati waktu kemaren ke AEON justru Nursery room-nya KALCare nya Kalbe Nutrition. Jadi, ditengah-tengah perbelanjaan di Daiso, si anak bayik mulai cranky nyebut-nyebut “enen…enen…nenen…”. Yowes lah ya, abis bayar belanjaan, keluar daiso, cari petugas terdekat nanyain ada tempat menyusui atau nggak. Dan petugas kebersihan yang saya tanya saat itu, bilang ada di lantai 3. Sedangkan posisi kami saat itu di lantai 2. Karena malas nyari lift buat ke atas, dan tadi waktu di dept store AEON kids section Lt.2 sempet liat ada nursery room nya KALCare di sebalah Kidzoona, akhirnya saya putusin, coba ke KALCare aja deh daripada naek ke atas nyari-nyari lagi.

Caroline Adenan - AEON Mall 18

Caroline Adenan - AEON Mall 19

Kedua gambar diambil dari sini karena lupa ga foto bagian depan nya, hehehe. Tapi foto lainnya dokpri 😉

Jadi, lokasi KALCare milik Kalbe ini terletak di lantai 2 AEON Mall, terletak di dalam dept. store AEON kids section, persissss di sebelah Kidzoona. Kalau dilihat tagline nya, KALCare : Pregnancy & Children Development Centre, seharusnya sih tempat ini lebih dari sekedar nursery room. Bahkan nursery room, kayaknya hanya salah satu fasilitas dari keseluruhan fungsi utama. Asumsinya sih mereka selain jualan produk-produk KALBE, juga menyediakan para ahli di bidang-bidang tersebut yang bisa diajak konsultasi kali yaa…

Tapi berhubung urgensi saya pada saat itu adalah buka gentong susu, tanpa malu-malu langsung nyamperin Mba-mba di belakang konter meja yang saya asumsikan sebagai para ahli tersebut, dan bertanya “Mba, ruang nursery nya boleh dipakai kan?” Harus nanya dulu lah yaaa, takutnya kan klo mau pake harus beli produk dulu, hehehehe. Untungnya mba nya langsung bilang boleh. Kemudian masuk deh ke ruangan yang judulnya Nursery Room.

Ketika masuk, pemandangan pertama yang dilihat persis di depan mata adalah bilik-bilik menyusui. Saya nggak hitung persisnya, tapi kayaknya ada 3-4 bilik yang disediakan. Biliknya cukup besar, bahkan stroller pun muat masuk ke dalam bilik. Di dalam bilik disediakan sofa yang cukup untuk duduk dua orang dewasa, dan bilik ditutup dengan gorden berwarna champagne.

DSC_0539

Selain bilik menyusui, ketika kita masuk ke ruang nursery dan menolehkan kepala ke sisi kanan, akan terlihat fasilitas tempat parkir stroller yang ga saya sadari sebelumnya karena buru-buru bawa stroler & Sekar masuk bilik biar langsung nenen,  dan di sebelah tempat parkir, ada fasilitas tempat mengganti popok bayi.

DSC_0540

DSC_0541

Fasilitas lain yang terlihat di dalam ruangan, tepatnya di sisi serong kanan ruangan, adalah area kebersihan yang terdiri dari tempat sampah biasa, wastafel,tempat sampah khusus diaper (yang mana bila ingin buang popok bekas pakai harus sudah dibungkus plastik), dan toilet khusus anak yang sudah didesain sedemikian rupa.

DSC_0542

Dan fasilitas terakhir yang tidak kalah penting, yang berada di sebelah kiri ruangan, adalah area untuk membersihkan botol bayi dan dilengkapi dispenser air panas untuk membuat susu formula.

DSC_0543

Secara keseluruhan, saya sangat, sangat, sangat kagum akan konsep yang dibuat oleh PR nya KALBE. Mereka ga cuman jualan produk, tapi dikemas dengan merangkul pasar utamanya mereka, yakni para ibu-ibu beranak, dan memberikan fasilitas super lengkap! Padahal saya “baru” nyobain nursery nya aja loh. Sedangkan disitu masih ada fasilitas lain seperti playroom untuk anak-anak, dan tentunya fasilitas konsultasi kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak.

Saya pribadi merasa sangat terbantu dengan fasilitas nursery lengkap yang disediakan KALCare. Dibandingkan nursery roomnya Mall bintaro Xchange yang pernah saya cobain, ini mah jauh banget kayak langit dan bumi. Secara di BXc dulu mau nyusuin aja mesti ngantri gantian sama ibu-ibu lain 😦

Anyway, kudos to KALBE! Semoga KALCare bisa tersedia di setiap Mall di Indonesia ya, jadi semakin banyak ibu-ibu yang merasa terbantu 😀